Selasa, 07 Oktober 2014

Prosa Lama



Prosa merupakan bentuk karya sastra yang bahasanya tidak terikat oleh irama, rima, atau baris sering disebut karangan bebas karya sastra yang berbentuk. Ada dua jenis prosa yang kita kenal yaitu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama sendiri merupaka prosa yang masih banyak terpengaruh oleh kesustraan hindu dan arab.

Ciri-ciri Prosa Lama :
a.       Prosa lama bersifat statis
b.      Cerita berkisar di istana (istana sentris)
c.       Kebanyakan bersifat khayal
d.      Banyak terpengaruh oleh kesustraan hindu dan arab
e.       Bersifat anonim (nama pengarang tidak disebutkan)

Prosa Lama Terdiri Atas :
Hikayat
Kata hikayat terdiri dari bahasa arab berarti ”cerita” hikayat dalam kesustraan lama sebetulnya sama dengan roman dalam kesustraan baru bedanya hikayatmelukiskan dongeng indah serta penuh khayal.

Tambo
Tambo ialah cerita sejarah yang tidak mengandung kebenaran karna dicampur adukan dengan hal-hal yang tidak masuk akal.

Dongeng
Dongeng ialah cerita uang lahir dri khayalan pengarang. Ada 4 jenis dongeng dalam prosa lama yaitu fabel, Sage, Mithe, dan Legenda. Fabel merupakan cerita pendek yang sederhana biasanya dengan tokoh binatang/ benda yang berkhayal seperti manusia serta mengandung suatu ibarat. Hikmah/ajaran budi pekerti. Kemudian Sage adalah dongeng yang mengandung unsur sejarah. Legenda sendiri biasanya berisi dpngeng mengenai terjadinya suatu tempat. Sedangkan Mithe adalah dongeng yang menceritakan kehidupan mahluk halus/ yang berhubungan dengan kepercayaan.