Selasa, 14 Oktober 2014

Makanan sekaligus Obat


Kita tahu sendiri, sayuran menyimpan berbagai macam jenis vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari sayuran berwarna hijau, kuning, oranye, putih, sampai yang berwarna hitam, semua memiliki khasita yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Jika ingin sehat, maka banyak-banyaklah makan sayur. Untuk mata, paling bagus adalah wortel, Untuk menambah darah, bayam juga bisa karena mengandung banyak zat besi. Sawi hijau bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan anemia. Dan masih banyak lagi sayuran-sayuran yang memiliki kegunaan. Untuk mengonsumsinya, kita bisa menggunakannya dalam berbagai cara. Ada yang memasaknya dengan menjadikan seperti sayur berkuah, menumis, atau bahkan dimakan mentah-mentah.


Selain sayur, ternyata bumbu dapur juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Temulawak berfungsi untuk memelihara fungsi hati. Ada juga bawang dan brambang yang bermanfaat untuk ketahanan tubuh kita. Selain itu beberapa bumbu dapur lainnya seperti kencur, kunyit, kunci, salam, sere, juga memiliki khasiatnya sendiri. 

Kencur bisa membantu meringankan sakit kepala, sakit batuk, influenza, keseleo, dan beberapa penyakit ringan serta penawar lelah. Kemudian kunyit mengandung antioksidan dan peradangan. Lalu ada kunci yang bisa dipakai untuk obat keputihan. Ada lagi sereh yang bisa dipakai untuk mengobati penyakit tifus. Ternyata, tanaman-tanaman maupun sayuran di sekitar kita selama ini bisa membantu diri kita untuk menjaga kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang mahal dan berharga, jangan lupa untuk menjaga tubuh supaya tidak sakit.